14 March 2011

Cegah Alzheimer dengan Diet Kacang Tanah

Hestianingsih - wolipop

 Kacang tanah biasanya menjadi camilan favorit saat menonton sepak bola, atau jenis pertandingan olahraga lainnya.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa selain enak dijadikan 'teman nonton', kacang tanah ternyata menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah kanker usus dan mengurangi risiko Alzheimer.

Apa saja manfaat lainnya? Berikut ini jawabannya, seperti dikutip dari Times of India.


1. Kacang tanah mengandung antioksidan dan polyphenol berkonsentrasi tinggi, merupakan senyawa yang disebut p-coumaric acid. P-coumaric acid berfungsi meningkatkan antioksidan dalam tubuh hingga 22 persen. Kacang tanah yang dipanggang, lebih banyak mengandung p-coumaric acid dibandingkan kacang rebus atau goreng. Kandungan antioksidan pada kacang tanah panggang sama dengan blueberry dan blackberry, juga jauh lebih tinggi dari apel, tomat dan bit.

2. Kacang tanah yang tidak diasinkan baik untuk pembuluh arteri. Satu per empat cangkir kacang tanah mengandung asam lemak tak jenuh yang sama banyaknya dengan satu sendok the minyak zaitun. Lemak tak jenuh memiliki reputasi baik sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah.

3. Kandungan niacin yang tinggi dalam kacang tanah membantu perbaikan sel yang rusak, serta dipercaya mampu mencegah Alzheimer dan berbagai masalah kesehatan karena faktor usia.

4. Kacang tanah mengandung vitamin E, yang juga merupakan salah satu keluarga dari antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit pada kardiovaskular secara signifikan.

5. Kacang tanah mengandung zat besi, yang sangat penting untuk memperbaiki fungsi sel darah merah.

6. Kacang tanah kaya akan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

7. Kacang tanah memiliki bioflavonoid resveratrol tinggi. Zat ini membantu melancarkan aliran darah ke otak, baik untuk mengurangi risiko stroke. Menambahkan sedikit produk yang mengandung kacang tanah dalam menu diet bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah hingga 14 persen.

8. Serat dalam kacang tanah membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

9. Kacang tanah kaya akan protein, sehingga bisa jadi pilihan nutrisi yang tepat bagi mereka yang sedang menjalani program pembentukan otot tubuh.

1 comment:

  1. wahhhh, perlu lebih banyak makan kacang nihh, biar lebih langsing

    ReplyDelete