03 April 2011

Kisah Buya Syafii dalam ‘Si Anak Kampoeng’

VIVAnews – Film 'Si Anak Kampoeng' yang disutradarai oleh Damien Dematra, siap dirilis 21 April 2011.  Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Dematra sendiri.  Novel itu bercerita kisah masa kecil Ahmad Syafii Maarif yang akrab disapa Buya Syafii.  Buya Syafii adalah mantan ketua umum Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Perjuangan dan kisah otobiografis Buya Syafii itu akan dikemas selama 100 menit ke layar lebar.  “Saya ingin meneruskan apa yang Buya sampaikan, bahwa keberhasilan beliau capai bukan sekedar perjuangannya sendiri, tapi juga karena dukungan dari kolega terdekat,” ujar Fajar Riza Ul Haq, produser 'Si Anak Kampoeng' saat konferensi pers di Kantor Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 29 Maret 2011.

Fajar mengemukakan, Buya pernah menyampaikan salah satu tokoh yang penting dalam karirnya adalah Pak Amien Rais. Dari Amien Rais-lah, Buya mengenal Muhammadiyah. Fajar berharap, film ini dapat menjadi tontonan yang inspiratif bagi anak-anak Indonesia.

Film produksi Maarif Production itu dibintangi oleh Radith Syam, Ayu Azhari, Andara Rainy Ayudini, dan Pong Hardjatmo.  “Film ini bukan film mudah, justru yang paling sulit.  Lokasi syuting, situasi di lapangan, dan kendala cuaca yang membuat sulit,” kata sang sutradara, Damien Dematra.

Sejauh ini, ‘Si Anak Kampoeng’ telah menyelesaikan proses pengambilan gambar di kawasan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, satu bulan lalu.  Pengambilan gambar juga dilakukan di Sumpurkudus, Padang.  Semua lokasi di-setting seperti suasana pada 1930-an.

“Film ini rencananya juga akan diputar di seluruh sekolah Muhammadiyah yang ada di Indonesia,”  ujar Damien.

No comments:

Post a Comment