12 April 2011

Radiasi di Fukushima Lewati Batas Normal

Liputan6.com, Tokyo: Pemerintah Jepang mengatakan radiasi yang sudah diakumulasi selama periode 25-hari di beberapa lokasi di Prefektur Fukushima telah melampaui tingkat normal yang ditetapkan oleh pemerintah selama setahun penuh.
Seperti dilansir NHK, Selasa (12/4), pemerintah mengumumkan hasil perhitungan terbaru ini Senin kemarin. Perhitungan ini didasarkan pada data yang dikumpulkan dari 53 lokasi, sampai dengan 60 kilometer dari pembangkit listrik Fukushima Daiichi, yang dimulai sejak sehari setelah bencana 11 Maret hingga 5 April.
Sebanyak 34 millisieverts radiasi telah dikumpulkan selama periode tersebut di satu lokasi di kota Namie, sekitar 24 kilometer barat laut Fukushima. Jumlah ini setara dengan sekitar 314 millisieverts per tahunnya, lebih dari 3 kali tingkat normal yang ditetapkan yakni 100 millisieverts.
Senin kemarin, pemerintah memperluas zona evakuasi sejauh 20-kilometer yang meliputi kota-kota di mana penyebaran radiasi tahunan diharapkan mencapai 20 millisieverts. Pemerintah juga meminta warga untuk mengungsi dalam waktu sekitar satu bulan. (Vin)

No comments:

Post a Comment