04 May 2011

Makin Banyak Teman Tubuh Makin Sehat

detikHealth-Jakarta, Sahabat bisa diperoleh dari mana saja, dari masa kecil, bangku sekolah hingga tempat kerja. Tidak hanya berbagi sukacita, kesedihan, tawa dan saat-saat menyenangkan, sahabat atau teman yang baik juga bisa membuat Anda makin sehat.

Teman yang baik adalah yang bisa membuat Anda baik secara fisik, mental dan emosional. Para ahli bahkan meneliti bahwa persahabatan dan jejaring sosial bisa bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.


Sebuah studi yang dilakukan oleh Centre for Ageing Studies at Flinders University yang diikuti hampir 1.500 orang selama 10 tahun, menemukan bahwa orang yang memiliki jaringan besar dan banyak teman hidup lebih lama sebesar 22 persen.

Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang memiliki teman lebih sedikit cenderung lebih cepat meninggal karena serangan jantung ketimbang orang yang memiliki jaringan sosial yang kuat.

Hal ini membuktikan bahwa teman yang baik bisa membawa manfaat kesehatan yang besar untuk Anda.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh karena memiliki teman yang baik, seperti dilansir Lifemojo, Rabu  (4/5/2011):

1. Dapat mengurangi stres
Mengapa Anda menelepon teman saat sedang banyak pikiran? Itu karena teman-teman dapat membantu Anda mengurangi tingkat stres, baik stres karena pekerjaan atau stres hubungan, hanya dengan percakapan hangat. Bercerita alias curhat dengan teman merupakan hal yang Anda butuhkan untuk dapat menghalau hormon stres.

2. Menularkan kebiasaan baik
Jika Anda memiliki teman yang mengetahui pentingnya kesehatan, mereka juga akan memberi kebiasaan baik yang sama pada Anda. Teman juga merupakan cara yang brilian untuk membuat Anda meninggalkan kebiasaan buruk seperti kebiasaan makan yang tidak sehat dan kurang olahraga. Namun, perlu dipilah kebiasaan buruk teman yang mungkin juga bisa menular ke Anda.

3. Memberi dukungan yang kuat
Ketika Anda akan melalui beberapa operasi serius atau bahkan pengobatan kanker, hal yang paling penting adalah dukungan. Jika Anda memiliki teman dekat untuk membimbing Anda melalui hari-hari menyedihkan, peluang untuk meningkatkan kelangsungan hidup akan semakin besar.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology dan dilakukan bersama oleh University of California, San Francisco dan Berkeley/Harvard Medical School menemukan bahwa wanita didiagnosa menderita kanker payudara lebih mungkin untuk bertahan hidup jika memiliki teman dekat.

4. Menjauhkan depresi
Perawatan untuk depresi adalah persahabatan. Persahabatan bekerja seperti pesona ketika melawan depresi. Sebuah studi tahun 2002 yang dilakukan di Johns Hopkins University menemukan bahwa para manula dengan kehidupan sosial yang aktif dan memiliki banyak teman kemungkinannya kecil untuk menderita depresi.

5. Membuat Anda lebih banyak bergerak
Orang yang menghabiskan waktu lebih banyak di depan TV atau komputer kebanyakan karena merasa kesepian dan tidak memiliki teman untuk bercerita. Orang yang memiliki banyak teman dekat akan lebih memilih untuk pergi keluar, jalan-jalan atau hanya sekedar berkunjung untuk bercerita. Hal ini akan membuat Anda lebih banyak bergerak.

No comments:

Post a Comment