12 September 2011

Salah Cabut, Gigi Sudah Masuk Tempat Sampah Dipasang Lagi

Wellington, Somerset, Dengan teknik tertentu, gigi yang sudah tanggal memang bisa dipasang kembali. Namun di Inggris, seorang dokter gigi harus memasang kembali gigi yang sudah terlanjur dibuang ke tempat sampah 2 jam sebelumnya hanya karena salah cabut.

Bermula ketika Kim Green, ibu dari 3 anak di Wellington, Somerset mengalami nyeri akibat gigi berlubang dan sudah terkena infeksi. Karena sakitnya sudah tidak tertahankan, ia segera mengunjungi praktik dokter gigi terdekat untuk mencari pertolongan.

Kim datang ke tempat praktik drg Justin George, yang langsung melakukan foto dengan sinar X untuk melihat gigi mana yang harus dicabut. Sayangnya hasil foto tidak dicermati dengan baik oleh drg Justin, yang lebih mengandalkan penglihatannya sendiri saat Kim menunjuk lokasi gigi yang sakit.

Gigi yang ditunjuk sendiri oleh Kim langsung dicabut tanpa dicocokkan dengan hasil foto sinar X. Alhasil ketika pulang ke rumah, sakit gigi yang dialami Kim tidak mereda dan malah bertambah parah sehingga 2 jam kemudian perempuan ini kembali lagi ke tempat praktik drg Justin.

Saat melihat hasil foto sinar X, barulah drg Justin menyadari bahwa gigi yang dicabut sebelumnya adalah gigi sehat sementara gigi yang berlubang justru masih ada di posisinya. Namun ia berhasil menenangkan Kim, lalu berjanji akan memasang kembali gigi yang terlanjur dicabut.

Kim yang sudah kesakitan tidak bisa berpikir panjang, lalu mengiyakan tawaran drg Justin untuk memasang kembali gigi yang sudah dicabut. Ia juga tidak terlalu memperhatikan dari mana sang dokter mengambil gigi yang sudah dicabut 2 jam sebelumnya dan diperkirakan masuk ke tempat sampah.

Gigi tersebut akhirnya memang bisa dipasang, lalu Kim disuruh pulang dengan dibekali obat pereda nyeri. Dugaan Kim bahwa gigi tersebut sudah sempat dibuang tempat sampah menguat ketika sakit infeksi giginya tidak juga sembuh, bahkan sampai harus minum obat antinyeri tiap 1 jam.

"Saya menangis saking sakitnya. Saya menghubungi Unit Gawat Darurat lalu saya dibawa ke rumah sakit," ungkap Kim seperti dikutip dari Dailymail, Senin (12/8/2011).

Sesampainya di rumah sakit, Kim segera ditangani oleh dokter bedah. Ternyata memang ada yang tidak beres, infeksi yang diderita Kim telah meluas sehingga kedua gigi, baik gigi yang berlubang maupun yang dipasang kembali akhirnya harus dicabut semuanya.

Dugaan malpraktik yang dilakukan drg Justin kini tengah dipelajari oleh dewan kedokteran gigi di Inggris yakni General Dental Council (GDC). Kim juga berniat menuntut sang dokter gigi atas kerugian berupa gigi yang hilang maupun biaya yang dikeluarkannya selama perawatan.

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

1 comment: